Revolusi Mesir 11 Februari 2011


Sekali lagi kekuatan rakyat berhasil menurunkan sang penguasa dari “kursi nyaman KKN”. Benar bahwa sebuah pemerintahan yang kuat membutuhkan pemimpin yang tangguh.

Namun, jika ada kesenjangan antara kenikmatan sang penguasa serta kroni-kroninya dan rakyatnya sendiri, maka revolusilah yang harus terjadi.

Rakyat Tunisia telah membuktikannya pada 14 Februari 2011 lalu. Dan, kini giliran rakyat Mesir membuktikan betapa kekuatan rakyat lebih tangguh ketimbang otoritarianisme.

Pada 11 Februari 2011, Hosni Mubarak resmi menyatakan mundur dari jabatannya sebagai Presiden Mesir yang diumumkan oleh Wakil Presiden Omar Suleiman. Pemerintahanpun berada di tangan militer yang selama jelang revolusi terjadi selalu beriringan dengan massa (rakyat) Mesir.

Pada saat itu juga militer membubarkan pemerintahan parlementer di bawah PM Ahmed Shafiq yang merupakan pemerintahan tentatif (sementara) akibat pengunduran diri PM Ahmed Nazif pada 28 Januari 2011.

Apa yang dikemukakan oleh para pengamat Timur Tengah mengenai efek domino Revolusi Tunisia 14 Januari 2011 benar-benar membuat seluruh dunia yang terikat dengan otoritarianisme mengalami pergolakan domestik.

Para pemimpin negara-negara seperti Aljazair, Yaman, Bahrain, Maroko, Iran, Libya bahkan hingga China dan Korea Utara mulai melakukan langkah antisipasi dengan mengendalikan jalur informasi, terutama internet, agar rakyatnya tidak meniru Tunisia dan Mesir.

Mesir telah menjadi “domino pertama” dari Revolusi Tunisia. Libya sepertinya mengalami “denyut revolusi” yang sangat berdetak keras. Sebanyak sekitar 6000 orang telah tewas di negeri yang berada di antara Tunisia dan Mesir itu.

Akankah efek domino terus terjadi di Afrika Utara? Atau mungkin di Timur Tengah? Ataukah di Asia Timur? Waktu akan membuktikan.

Sumber:

http://www.kompas.com

http://www.huffingtonpost.com

Metrotv

Tentang protuslanx

Protus-Lanx adalah sebuah alter-ego dari seorang manusia yang terus berusaha memperbaharui diri setiap hari. Temperamental, setia melaksanakan tugas, keras kepala, berpendirian teguh, tidak mudah mempercayai orang lain, dan cenderung serius.
Pos ini dipublikasikan di Atmosfer-Lanx dan tag . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s