Kuliah di Perguruan Tinggi, Bisa?


Setelah setiap anak muda Indonesia telah menyelesaikan studinya di sekolah menengah umum (SMU), sebagian besar pasti akan terbentur pada dua pilihan, yakni apakah akan melanjutkan ke perguruan tinggi atau bekerja demi kemandirian.

Kita tahu bahwa mayoritas kalangan terdidik di Indonesia berasal dari masyarakat menengah ke bawah. Di kampus-kampus negeri favorit seperti ITB, UI, dan UGM sekitar 60 persen mahasiswanya adalah dari kalangan yang kurang mampu secara ekonomi. Ini berarti bahwa Indonesia sebetulnya memiliki generasi muda yang cerdas namun memiliki keterbatasan ekonomi.

Di sinilah pemerintah berperan. Kuota memang membatasi sehingga tidak semua anak-anak muda cerdas dari kalangan tidak mampu terserap semua di perguruan-perguruan tinggi ternama di Indonesia.

Pertumbuhan ekonomi yang tinggi sebesar 6,1 persen hingga awal 2011 ini ditopang oleh kalangan mereka yang mampu secara finansial. Dalam hal ini pemerintah Indonesia perlu memanfaatkan peluang ini agar dana yang masuk ke dalam perbendaharaan negara dapat tersalurkan bagi mereka yang tidak mampu, terutama termasuk di antaranya adalah bidang pendidikan tersebut.

Kenapa demikian? Karena secara mendasar, jika tujuannya adalah jangka panjang (yang seharusnya demikian), Protuslanx berpendapat bahwa Indonesia tidak dapat dibangun hanya dengan pertumbuhan ekonomi semata, tetapi juga harus dengan pendidikan yang baik agar kesejahteraan dapat merata.

Tentang protuslanx

Protus-Lanx adalah sebuah alter-ego dari seorang manusia yang terus berusaha memperbaharui diri setiap hari. Temperamental, setia melaksanakan tugas, keras kepala, berpendirian teguh, tidak mudah mempercayai orang lain, dan cenderung serius.
Pos ini dipublikasikan di Atmosfer-Lanx dan tag . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s