Investasi dan Filantropi Lebih Baik Ketimbang Belanja


Pendidikan dan kesempatan kerja dalam bidang-bidang seperti teknologi informasi, perkebunan, keuangan, pertambangan, kehutanan, dan sektor kreatif terutama di kalangan anak muda Indonesia akhir-akhir ini menunjukkan bahwa investasi memang penting.

Menempuh pendidikan yang lebih tinggi (S1, S2, hingga S3 bahkan posdoktoral), membeli buku-buku pelajaran, mempelajari sendiri atau kursus komputer, dan lain-lain adalah investasi. Hal-hal ini lebih baik ketimbang membeli barang-barang yang sebetulnya tidak kita perlukan. Orang yang berada dekat kampus atau tempat kerja tentu lebih tidak membutuhkan kendaraan ketimbang mereka yang tinggal jauh dari kampus atau tempat kerja. Sudah saatnya kita tidak terlalu mengandalkan belanja atau konsumsi. Tentu saja, bukan berarti kita tidak boleh memenuhi kebutuhan hidup kita. Prinsip bahwa ‘bukan apa yang kita inginkan, tetapi apa yang kita butuhkan’ inilah yang Protuslanx maksudkan.

Kehidupan ini menjadi lebih berarti ketika kita tidak menyia-nyiakan hidup untuk selalu lupa diri. Uang adalah hasil perjuangan hidup, itulah hasil dari hakikat hidup yang diraih melalui bekerja.

Menurut Protuslanx, selain investasi, pertimbangan lainnya yang layak menjadi prioritas kita adalah kedermawanan (filantropi). Dengan kata lain kita tidak boleh lupa pada Sang Pencipta.

Dengan uang yang kita peroleh maka kita sudah selayaknya memberikan perpuluhan di gereja secara rutin, zakat, sumbangan beras, orangtua asuh, dan lain-lain. Jadi, menurut Protuslanx lebih baik uang yang ada digunakan untuk sesuatu yang positif yang memang benar-benar berguna.

Protuslanx berharap masyarakat Indonesia yang selama ini terlalu senang belanja alias konsumtif (termasuk kredit) mulai dari kalangan ekonomi kelas menengah hingga kalangan ekonomi kelas atas bisa lebih mementingkan investasi dan filantropi ketimbang belanja. Inilah salah satu langkah kecil yang bisa membuat negeri ini bisa berhemat dan mengantisipasi (kalau terjadi) krisis keuangan yang tidak dapat kita tebak.

Tentang protuslanx

Protus-Lanx adalah sebuah alter-ego dari seorang manusia yang terus berusaha memperbaharui diri setiap hari. Temperamental, setia melaksanakan tugas, keras kepala, berpendirian teguh, tidak mudah mempercayai orang lain, dan cenderung serius.
Pos ini dipublikasikan di Atmosfer-Lanx dan tag . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s