Empati Kita Atas Bencana Banjir di Brasil


Bencana terburuk Brasil (http://cdn.wn.com)

Brasil mengalami banjir terparah dibandingkan dengan yang terjadi di negara-negara lain. Sejauh ini dilaporkan lebih dari 610 orang dilaporkan tewas dan 13.500 orang mengungsi. Jumlah ini bisa saja bertambah karena banyaknya warga yang menghilang. Malapetaka ini juga pernah terjadi dialami Brasil pada 1967 yang menelan korban 437 orang.

Sejak 12 Januari 2010 lalu hujan terus-menerus mengguyur wilayah negara bagian Rio de Janeiro sehingga menyebabkan terjadinya banjir besar dan tanah longsor. Banjir terparah terjadi di kota Rio de Janeiro yang merenggut nyawa 99 orang. Selain itu banjir juga melanda kota Sao Paulo yang menelan korban sedikitnya 13 orang.

Sementara, daerah terparah yang terkena tanah longsor adalah Kota Novo Friburgo dengan korban tewas sebanyak 225. Menyusul di tempat lainnya, Teresopolis 223 orang dan Petropolis 39 orang. Sementara 19 korban lainnya di laporkan terdapat di Desa Sumidouro. Hujan yang terus-menerus ini pula semakin menyulitkan upaya penyelamatan.

Pemerintahan baru Brasil di bawah Dilma Roussef yang telah dilantik tepat 1 Januari 2011  lalu kini menghadapi ujian berat perdana. Presiden Roussef langsung turun ke lokasi untuk meninjau kawasan perbukitan dan selanjutnya menentukan langkah-langkah penanganan banjir.

Penyebab Banjir

Pemerintah Brasil menyatakan bahwa banyaknya rumah-rumah yang dibangun di kawasan perbukitan menjadi penyebab terjadinya longsor. Pemerintah daerah setempat dinilai lalai untuk mencegah pembangunan rumah di kawasan yang seharusnya menjadi tempat resapan air. Selain itu, curah hujan yang tinggi turut memperburuk kondisi di Brasil.

Sumber:

Metrotv

http://www.kr.co.id

http://www.publicbroadcasting.net

http://www.tribunnews.com

http://www.gadling.com

Tentang protuslanx

Protus-Lanx adalah sebuah alter-ego dari seorang manusia yang terus berusaha memperbaharui diri setiap hari. Temperamental, setia melaksanakan tugas, keras kepala, berpendirian teguh, tidak mudah mempercayai orang lain, dan cenderung serius.
Pos ini dipublikasikan di Eksternal-Lanx dan tag . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s