Empati Kita Atas Bencana Banjir di Australia


Foto udara banjir di Queensland (http://twistedsifter.com)

Negara bagian Queensland, Australia dilanda banjir sejak 30 November 2010 lalu hingga sekarang. Sebanyak 70 kota di wilayah itu diliputi banjir mulai ketinggian 1,5 meter hingga kini telah mencapai setinggi enam meter yang melumpuhkan aktivitas perekonomian secara penuh.

Pekan pertama di awal tahun 2011 ini semakin menyebar hingga kota Brisbane. Hujan deras terus-menerus terjadi di kota-kota yang mengalami banjir terparah seperti Brisbane, Grantham, Ipswich, dan Toowomba. Korban tewas seluruhnya yang dilaporkan hingga saat ini mencapai lebih dari 41 orang dan 67 orang dinyatakan hilang.

Kini, tiga perempat wilayah negara Queensland tertutupi air bah. Sementara, warga negara Indonesia yang tinggal di Queensland seluruhnya selamat sesuai dengan koordinasi yang dilakukan Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Australia.

Penyebab Banjir

Penyebab terjadinya banjir tersebut dinilai karena buruknya kualitas saluran air dan terutama efek pola cuaca La Nina. Menurut National Aeronautics and Space Administration (NASA) Amerika Serikat, curah hujan berlebihan merupakan akibat langsung dari dampak La Nina terhadap angin Pasifik dan menyebabkan Australia yang tropis menjadi sering diguyur hujan tahun ini.

Para ahli mengatakan, La Nina yang melanda Australia saat ini merupakan yang terkuat sejak pertama kali pola tersebut tercatat. Menurut Profesor Neville Nicholls, ahli sains lingkungan di Monash University, banjir Queensland disebabkan oleh La Nina terkuat yang terjadi sejak fenomena itu mulai dicatat pada akhir abad ke-19.

Selain karena fenomena La Nina, banjir juga diperparah oleh angin musiman yang melanda di Australia. Jonathan Nott, pakar geologi dengan spesialisasi cuaca ekstrem di James Cook University in Cairns, menyatakan bahwa adanya zona tekanan rendah di Queensland memperparah banjir di kawasan itu. Menurutnya, tekanan rendah yang melanda belahan bumi selatan membawa udara lembab ke kawasan utara dan barat sehingga mendorong terjadinya hujan deras.

Bencana ini dikhawatirkan akan menjalar ke negara bagian lainnya di sebelah utara, New South Wales. Perdana Menteri Julia Gillard telah meninjau lokasi bencana dan menginstruksikan seluruh upaya penanganan bencana. Pemerintah Australia menyatakan bahwa bencana banjir Queensland adalah bencana terburuk dalam sejarah Australia.

Sumber:

Metrotv

http://sciblogs.co.nz

http://suaramerdeka.com/v1

http://www.wikipedia.com

Tentang protuslanx

Protus-Lanx adalah sebuah alter-ego dari seorang manusia yang terus berusaha memperbaharui diri setiap hari. Temperamental, setia melaksanakan tugas, keras kepala, berpendirian teguh, tidak mudah mempercayai orang lain, dan cenderung serius.
Pos ini dipublikasikan di Eksternal-Lanx dan tag . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s