Pembebasan Suu Kyi 13 November 2010


Suu Kyi disambut oleh ribuan pendukungnya ketika dibebaskan pada hari Sabtu, 13 Novermber 2010 kemarin (http://www.dailymail.co.uk).

Aung San Suu Kyi akhirnya bebas pada hari ini! Setelah mengisolasi Suu Kyi sebagai tahanan rumah selama 15 tahun (secara keseluruhan adalah 21 tahun masa isolasi), Junta Myanmar memang memenuhi janjinya untuk membebaskan wanita pejuang demokrasi itu.

Suu Kyi ditahan karena aktivitas politiknya sebagai Ketua Partai Liga Nasional untuk Demokrasi (National League for Democracy/ NLD) yang memenangkan pemilihan umum tahun 1990. Dengan mengulur-ulur waktu pengumuman hasil pemilihan umum, Junta militer menyatakan tidak mengakui kemenangan Partai NLD. Karena dianggap terlalu vokal, maka pada tahun 1989 Suu Kyi pun diisolasi di rumahnya hingga selama dua dekade.

Suasana pengasingan Suu Kyi di rumahnya (kota Rangoon/ Yangon) (http://www.indymedia.ie)

Pada masa isolasi berupa tahanan rumah di kota Yangon, sang penerima Nobel Perdamaian 1991 ini hanya dapat menemui seorang dokter, dan sehari-harinya ditemani dua orang pembantu rumah tangga. Belum genap masa isolasinya, sang suami yang berkewarganegaraan Amerika Serikat pun meninggal karena kanker. Anak-anak dan cucunya hingga hari ini belum pernah ia temui.

Namun, pembebasan putri dari pahlawan dan pendiri Myanmar, Jenderal Aung San, ini dan 2.200 tahanan politik lainnya harus benar-benar dipenuhi. Junta militer harus melakukan itu semua jika Myanmar ingin melakukan perubahan di negerinya sebagaimana ditegaskan oleh Presiden Amerika Serikat, Barack Obama, dan para pemimpin dunia lainnya.

Sumber:
http://www.cnn.com
http://www.kompas.com

Posted by Wordmobi (N73 Music Edition)

Tentang protuslanx

Protus-Lanx adalah sebuah alter-ego dari seorang manusia yang terus berusaha memperbaharui diri setiap hari. Temperamental, setia melaksanakan tugas, keras kepala, berpendirian teguh, tidak mudah mempercayai orang lain, dan cenderung serius.
Pos ini dipublikasikan di Atmosfer-Lanx dan tag . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s