Kecanduan Aplikasi + Situs Jejaring Sosial


Kecanduan bukan berarti selalu bermakna negatif. Hanya saja segala sesuatu yang berlebih pasti kurang baik. Segala sesuatu harus seimbang, tidak boleh terlalu kurang atau sebaliknya tidak boleh terlalu berlebih.

Protuslanx sebenarnya tidak terlalu aktif menggunakan aplikasi-aplikasi jejaring sosial (Yahoo Messenger, Windows Live, Nimbuzz, Yahoo! Koprol, dll) untuk menggunakan situs-situs jejaring sosial (Facebook, Twitter, Myspace, Friendster, HI-5, dll).

Namun, dengan memperhatikan kebiasaan orang-orang selama ini yang selalu tidak pernah lepas dari gadget (ponsel) dan laptopnya, masyarakat perkotaan seolah-olah “digiring” dalam sebuah budaya modern baru yang sebelumnya tidak pernah ada dalam sejarah peradaban umat manusia: “Mendekatkan yang jauh, menjauhkan yang dekat.” (maaf Protuslanx belum tahu siapa yang menciptakan istilah ini)…

Internet memang menjadikan kita lebih banyak tahu, ada diskusi-diskusi yang menambah wawasan, ada tempat untuk menuangkan ide, pikiran, tulisan-tulisan, ada ruang untuk berbagi file, dll. Namun, internet juga menjadikan orang-orang menjadi lebih terasing dengan realitas, menjadikan sesuatu yang sebenarnya menjadi seolah-olah nyata, sehingga lupa dengan lingkungan di mana orang-orang selalu ada untuk diajak berbicara (sharing).

Internet menjadikan banyak orang lupa dengan privasinya (harus dijaga dengan baik) sehingga semua orang bisa mengetahui apa yang sebenarnya dialami, diucapkan (tentu saja dalam hal ini adalah ‘yang ditulis’) atau diperbuatnya dalam kehidupan sehari-hari.

Contohnya adalah emosinya dengan seseorang atau kelompok, masalahnya dengan seorang guru atau bosnya, pertengkaran dengan teman-temannya, masalah keluarganya, rasa kesal karena duduk dengan seseorang yang menjemukkan dalam perjalanan naik bus kota, dan masih banyak lagi….

Dunia teknologi abad ke-21 memang benar-benar luar biasa. Seandainya para filsuf realis dan rasionalis masih hidup, seperti Descartes, Kant, Leibniz, apalagi Socrates yang terkenal dengan “Cogito, ergo sum” nya mungkin mereka akan terkena shock!…what a wonderful world we live on (even in this annoying Indonesia country)….funny and amazing…🙂


Tentang protuslanx

Protus-Lanx adalah sebuah alter-ego dari seorang manusia yang terus berusaha memperbaharui diri setiap hari. Temperamental, setia melaksanakan tugas, keras kepala, berpendirian teguh, tidak mudah mempercayai orang lain, dan cenderung serius.
Pos ini dipublikasikan di Atmosfer-Lanx dan tag , . Tandai permalink.

2 Balasan ke Kecanduan Aplikasi + Situs Jejaring Sosial

  1. kemajuan teknologi memang telah banyak mewujudkan kayalan manusia, salah satunya internet & jejaring sosialny..

  2. anang berkata:

    face book, bikin hidup lebih hidupp…🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s