Negara-Negara Terbaik dan Terburuk 2010


Pemandangan kota Vaagen di Stavanger (Norwergia) (http://blog.norway.com)

Pada hari Kamis kemarin, 4 November 2010, PBB melalui UNDP (United Nations Development Program)-nya mengeluarkan daftar baru tahunan yang ke-20 mengenai Indeks Pembangunan Manusia (HDI/ Human Development Index). HDI ini adalah standar baru untuk menilai indeks kemajuan negara-negara di dunia dalam hal pendidikan, pendapatan, dan harapan hidup (usia rata-rata maksimum yang dapat dicapai oleh penduduk). Namun, karena keterbatasan perolehan data, UNDP hanya mengkaji 169 negara dari 192 negara yang tergabung dalam PBB. Salah satu yang tidak terhitung adalah Korea Utara.

UNDP menilai bahwa Norwegia masih menempati peringkat negara terbaik bersama-sama dengan Australia, Selandia Baru, dan Amerika Serikat. Ini karena tingkat pendapatan, pendidikan, kesehatan dan akses-akses lainnya dapat diperoleh dengan mudah secara merata di seluruh lapisan masyarakat negara-negara tersebut. Jelas bahwa penduduk di negara-negara tersebut sangatlah makmur.

Hiperinflasi di Zimbabwe yang ditandai penurunan mata uang Zimdollar dari 100 to the US Dollar to 10³¹ di samping sulitnya memperoleh bahan makanan, kurangnya air, kurangnya listrik, tidak ada transportasi, dan penggelapan bahan bakar gas. (http://www.goldonomic.com)

Sementara yang termasuk dalam kategori negara terburuk adalah Zimbabwe, Republik Demokratik Kongo, dan Niger. Secara umum, banyak negara-negara Sub-Sahara Afrika dan eks-Uni Soviet masuk dalam kategori ini. Penyebabnya karena negara-negara tersebut masih mengalami krisis ekonomi, konflik politik dan AIDS.

Dalam hal tingkat harapan hidup, Jepang memimpin dengan usia hingga 83,6 tahun. Negara dengan tingkat harapan hidup terendah adalah Afghanistan dengan usia kurang dari 44,6 tahun.

Dalam hal tingkat pendapatan per kapita tahunan, Liechtenstein adalah berperingkat tertinggi yakni US$ 81.011 yang setara dengan 460 kali pendapatan per kapita tahunan di Zimbabwe yang hanya US$ 176.

Dibandingkan dengan 40 atau 20 tahun yang lalu, dunia telah mengalami kemajuan dalam hal pendapatan, pendidikan, dan kesehatan sebesar 40% (sejak 1970-an) dan 18% (sejak 1990-an). Jadi, secara umum dunia telah mengalami peningkatan usia harapan hidup (dari 59 tahun menjadi 70 tahun) dan pendapatan per kapita penduduk dunia meningkat dua kali lipat (menjadi lebih 10.000 dolar Amerika Serikat).

Laporan UNDP itu juga mencatat “Top-10 Movers” yakni 10 negara yang mengalami peningkatan pesat, yaitu: Tiongkok, Nepal, Indonesia, Saudi Arabia, Oman, Laos, Tunisia, Korea Selatan, Aljazair dan Maroko. Indonesia berada pada tingkat Indeks Pembangunan Manusia Medium dengan peringkat 108 berdekatan dengan Kyrgyzstan dan Maldives.

Namun, laporan PBB itu juga memperlihatkan bahwa tidak ada hubungan otomatis antara pertumbuhan ekonomi dan kemajuan pembangunan manusia. Sebagai contoh, India yang mengalami pertumbuhan ekonomi pesat ternyata terpuruk di urutan ke 119 dalam peringkat HDI, di bawah tetangganya, Srilanka, Pakistan, dan Bangladesh.

Daftar ke-169 negara-negara tersebut dapat dilihat di sini: http://hdr.undp.org/en/statistics

Untuk melihat daftar 10 negara-negara paling miskin di dunia yang dikaji oleh International Monetary Fund (IMF) dan Central Intelligence Agency (CIA) World Factbook dapat dilihat di sini: http://www.financialjesus.com/interesting-economics/top-10-poorest-countries-in-the-world-2010

Sumber:

http://hdr.undp.org/en/statistics

http://www.reuters.com

http://www.voanews.com

Tentang protuslanx

Protus-Lanx adalah sebuah alter-ego dari seorang manusia yang terus berusaha memperbaharui diri setiap hari. Temperamental, setia melaksanakan tugas, keras kepala, berpendirian teguh, tidak mudah mempercayai orang lain, dan cenderung serius.
Pos ini dipublikasikan di Atmosfer-Lanx dan tag , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s