Virus Stuxnet: Perang Cyber Pertama terhadap Iran?


Protuslanx memang belum mengalami serangan virus ini di sistem operasi Microsoft Windows 7 Ultimate yang digunakan. Tapi, jelas bukan berarti berharap terkena serangan virus! Jadi, ya…belum terlalu banyak tahu soal worm komputer yang fenomenal selama 6 bulan terakhir ini.

 

Virus Stuxnet itu apa? Stuxnet adalah sebuah program komputer perusak berupa worm canggih yang telah menginfeksi komputer-komputer mulai dari Asia hingga Eropa dan Amerika Serikat. Targetnya adalah membentuk komunikasi dengan komputer server penyerang, mencuri data, atau mengendalikan sistem SCADA (System Supervisory Control and Data Acquisition) untuk memonitor pembangkit listrik secara otomatis.

Virus Stuxnet diduga dibuat pada April 2010 lalu dan ditemukan pada Juni-Juli 201 lalu. Stuxnet ditemukan pertama kali oleh sebuah perusahaan keamanan di Belarusia, yakni Virusblokada.

Worm komputer yang rumit ini dirancang untuk menyerang sistem akuisisi data dan kontrol industrial buatan Siemens (perusahaan teknologi swasta di Jerman). Namun, para pakar virus komputer berpendapat bahwa virus ini sebenarnya dirancang untuk menyerang satu target khusus, yakni Iran. Dengan alasan motif politik dan kemampuan membuat virus seperti itu, para pakar virus komputer menduga bahwa pembuatnya adalah Amerika Serikat dan Israel.

http:/i2.cdn.turner.com

Menurut Symantec, perusahaan Amerika Serikat pembuat software keamanan komputer, ketika pertama kali ditemukan sekitar 60% infeksi virus ini terjadi di Iran. Mengapa Iran? Karena Iran menggunakan software buatan Siemens untuk program nuklirnya. Para pakar virus komputer menduga bahwa Stuxnet digunakan untuk menyabotase reaktor nuklir Iran, yaitu Bushehr.

Negara-negara yang terkena dampak utama pada 6 Agustus 2010 lalu adalah Iran (62.867 komputer yang terinfeksi), Indonesia (13.336 komputer terinfeksi), India (6.552 komputer terinfeksi), Amerika Serikat (2913 komputer terinfeksi), Australia (2.436 komputer terinfeksi), Inggris (1.038 komputer terinfeksi), Malaysia (1.013 komputer terinfeksi), dan Pakistan (993 komputer terinfeksi).

Menurut ENISA (European Network and Information Security Agency), badan keamanan internet Uni Eropa, virus Stuxnet hanyalah “serangan pertama” dari apa yang mungkin terjadi berupa cyber-attack yang terorganisasi secara tingkat tinggi. Untunglah virus Stuxnet ini sudah dapat dinetralisir, namun sejumlah pakar virus memperingatkan akan ada virus komputer yang lebih canggih lagi setelah “cyber-war” yang pertama tahun 2010 ini.

Referensi:
http://www.voanews.com
http://www.networkworld.com
http://www.antaranews.com

Posted by Wordmobi

Tentang protuslanx

Protus-Lanx adalah sebuah alter-ego dari seorang manusia yang terus berusaha memperbaharui diri setiap hari. Temperamental, setia melaksanakan tugas, keras kepala, berpendirian teguh, tidak mudah mempercayai orang lain, dan cenderung serius.
Pos ini dipublikasikan di Atmosfer-Lanx dan tag . Tandai permalink.

Satu Balasan ke Virus Stuxnet: Perang Cyber Pertama terhadap Iran?

  1. Ru3za berkata:

    Cuman Mampir Gan…

    Ama Ngasih Tau Kalo Ane Baru Bikin Blog…
    Mampir Ye Di http://myanothernote.wordpress.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s