Korea Selatan: Pembuat Kapal Terbesar di Dunia


Pasca-ujian saringan masuk kemarin dan berakhirnya Piala Dunia ke-19 ini, Protuslanx bisa mem-posting lagi. Semoga setelah ini bisa membuat tulisan lagi tanpa harus “terpengaruh oleh keadaan di luar yang membuat berpikir menjadi kurang positif.”

Indonesia kita yang tercinta ini adalah negara maritim, selain tentunya disebut juga sebagai negara agraris. Tapi, setelah 65 tahun merdeka (sebentar lagi ultah RI…!), negara kepulauan Indonesia seolah-olah lupa diri siapa jati dirinya sebenarnya.

Sumber daya alam Indonesia memang melimpah. Negara ini memperoleh uang kas dari hasil penjualan migas (minyak dan gas bumi), rokok-rokok kretek, dan “ekspor” TKI (Tenaga Kerja Indonesia). Tapi, tidak ada satupun dari bidang kelautan yang menjadi ujung tombak devisa!

Artikel ini Protuslanx dapatkan dari situs Kompas.com, referensi terbaik Protuslanx. Indonesia bisa seperti Korea Selatan? Keep dreaming or may be someday?

Korea Selatan melampaui China untuk meraih status sebagai pembuat kapal utama dunia pada catur wulan pertama tahun ini berkat adanya kenaikan permintaan dari perusahaan-perusahaan pengangkutan Eropa, sebagaimana diutarakan oleh pemerintah Korea Selatan. Kementerian ekonomi menyatakan bahwa pesanan-pesanan yang dimenangkan oleh pembuat-pembuat kapal lokal, seperti halnya Hyundai Heavy Industries, Samsung Heavy Industries, dan Daewoo Shipbuilding dan Marine Engineering mencapai total 2,4 juta CGT (compensated gross tons) pada Januari-April 2010, yang berarti bahwa Korea Selatan menguasai 43,6 persen dari pesanan kapal-kapal di seluruh dunia.

Kementerian ekonomi Korea Selatan mengatakan bahwa jumlah itu adalah 500.000 CGT lebih banyak dari runner-up China yang mengamankan 1,9 juta atau 34,5 persen dari keseluruhan. Jepang dan negara-negara Eropa memenangkan pesanan sebanyak 200.000 CGT.

Korea Selatan adalah pembuat kapal terbesar di dunia dari tahun 2003-2008 tetapi kehilangan gelar itu tahun lalu yang diraih oleh China. Juru bicara kementerian ekonomi Korea Selatan menyatakan bahwa terjadi penurunan pesanan dari China oleh perusahaan-perusahaan pengangkutan dari seluruh dunia, tetapi terjadi peningkatan tajam atas pesanan-pesanan dari perusahaan-perusahaan Eropa untuk Eslapal Korea Selatan.

Sumber:
http://www.kompas.com

Tentang protuslanx

Protus-Lanx adalah sebuah alter-ego dari seorang manusia yang terus berusaha memperbaharui diri setiap hari. Temperamental, setia melaksanakan tugas, keras kepala, berpendirian teguh, tidak mudah mempercayai orang lain, dan cenderung serius.
Pos ini dipublikasikan di Eksternal-Lanx dan tag . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s