Julia Gillard: Perdana Menteri Ateis di Jaman Modern!


Dalam bukunya The Clash of Civilizations (1993), Profesor Samuel Huntington mengungkapkan bahwa agama akan menjadi faktor yang mempengaruhi negara-negara bangsa dalam interaksi-interaksinya. Faktor agama ini kian dominan, bahkan menjadi faktor yang bisa menjadi akar konflik. Semakin modern, semakin terjadi peralihan dari sekularisasi terhadap agama. Dengan kata lain, sekularisasi akan ditinggalkan dan orang-orang lebih mendasarkan paradigmanya atas agama.

Namun, pada kenyataannya seorang perdana menteri bisa mengambil keputusan yang sebaliknya jika dibandingkan dengan teori Pak Huntington di atas. Buktinya? Ibu Julia Gillard ini memutuskan untuk menjadi seorang ateis!!! Wow…sepertinya dia lebih suka “ber-paradigma terbalik.”

Julia Gillard, inilah bukti bahwa agama tidak selalu mendominasi dasar pola pikir seseorang, termasuk di jaman modern ini.

Profil:
– Lahir di Barry, Wales (Inggris) pada 29 September 1961.
– Bermigrasi ke Australia bersama keluarganya saat berusia 4 tahun untuk mencari iklim yang lebih hangat karena Gillard kecil mengalami bronchopneumonia (peradangan di dinding paru-paru).
– Kuliah seni dan hukum di University of Adelaide.
– Pindah ke University of Melbourne untuk menjadi Presiden Serikat Mahasiswa Australia.
– Lulus kuliah bekerja sebagai pengacara bidang hukum industrial.
– Karier politik pertamanya adalah bekerja untuk pemimpin oposisi Negara Bagian Victoria sebagai kepala staf.
– Terpilih sebagai anggota anggota DPR (House of Representatives) Lalor, Victoria.
– Terpilih sebagai anggota kabinet bayangan dengan jabatan Menteri Populasi dan Imigrasi pada 2001.
– Diberi tambahan tugas sebagai Menteri Urusan Rekonsiliasi dan Penduduk Asli pada 2003.

Prominensi:
# Di sekolah menengah, Gillard dikenal berani berbicara dan tidak kenal takut kepada siapapun. Suatu ketika Gillard remaja pernah mengancam guru fisikanya bahwa dia akan melaporkan guru itu kepada kepala sekolah karena menganakemaskan murid laki-laki di kelas.
# Pada usia 29 tahun, bekerja sebagai mitra perempuan pertama di firma hukum Slater & Gordon sebagai pengacara dengan spesialisasi bidang hukum industrial.
# Perempuan pertama yang menjadi Perdana Menteri Australia yang ke-27 (menang tanpa perlawanan dalam voting 112 anggota parlemen Partai Buruh).
# Pada masa pemerintahan Kevin Rudd tahun 2007, ia dipercaya memegang sekaligus jabatan Menteri Tenaga Kerja, Menteri Sosial, dan Menteri Pendidikan.
# Dia menjalankan program bagi sekolah-sekolah dan menghidupkan kembali undang-undang perburuhan yang dibuang oleh pemerintah sebelumnya.
# Sebagai Wakil Perdana Menteri pada masa Kevin Rudd, dia dinilai sebagai salah satu anggota parlemen dengan kinerja terbaik.
# Menjadi perdana menteri pertama Australia yang atheis.

Referensi:

http://www.kompas.com

Tentang protuslanx

Protus-Lanx adalah sebuah alter-ego dari seorang manusia yang terus berusaha memperbaharui diri setiap hari. Temperamental, setia melaksanakan tugas, keras kepala, berpendirian teguh, tidak mudah mempercayai orang lain, dan cenderung serius.
Pos ini dipublikasikan di Atmosfer-Lanx dan tag , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s