Bandung Kita adalah Kebersihan Kita!


Akhirnya…! Protuslanx bisa posting lagi di WordPress.com. Maklum, Protuslanx sedang mempersiapkan diri untuk ujian saringan masuk kuliah lanjutan di salah satu perguruan tinggi swasta di Bandung. Ujiannya tanggal 2-3 Juli 2010. Mohon doanya ya…thanks.

Ini dia sungainya!

Setelah 3 tahun di Sumatera Utara, Protuslanx akhirnya kembali ke kota Bandung tercinta. Walaupun Bandung bukanlah kota kelahiran Protuslanx, tetapi Protuslanx sudah menganggap kota Bandung sebagai tanah kelahiran kedua setelah Sumatera Utara…yap!

Satu hal yang sangat mengganggu Protuslanx adalah soal kebersihan. Kebetulan Protuslanx sekarang “ngekost” di daerah yang dialiri sungai. Apa mungkin karena dekat dengan sungai, warga di daerah ini sering membuang sampah domestik ke dalam sungai!…

Ini nih sungainya...

Di bagian tepi sungai itu memang dibangun tembok pembatas setinggi kira-kira 3-4 meter. Jadi, kemungkinan banjir atau meluapnya air sungai sangat kecil. Tetapi tetap saja, membuang sampah di sungai adalah hal yang tidak baik. Sungai jadi kotor, mengeluarkan bau yang tidak sedap, terkesan jorok, dan tidak ada unsur keindahannya.

Protuslanx jadi ingat kota-kota di Italia (walaupun belum pernah ke sana, cuma lihat tayangan darmawisata di televisi) yang walaupun banyak sungainya, tetapi tetap bersih (malahan dijadikan pariwisata) karena orang-orangnya menunjukkan bahwa mereka adalah orang-orang yang punya etika dan beradab, termasuk terhadap lingkungan.

Sampahnya jadi menumpuk di sini!

Seharusnya warga setempat bisa membayar Rp.5000,00 per bulan untuk tukang sampah atau petugas dari Dinas Kebersihan Kota Bandung. Namun, inilah faktanya! Kepraktisan membuat orang-orang jaman sekarang di kota Bandung tercinta ini menepis hal-hal yang sederhana seperti halnya membuang sampah pada tempatnya. Apa kita mau kota Bandung (atau di kota Anda di manapun Anda berada) menjadi kota jorok, kota sampah, atau kota tidak teratur?

Sungainya menjadi tidak indah!

Protuslanx berharap semoga ada pembaharuan untuk selalu menjaga kebersihan kota Bandung. Siapapun kita, baik penduduk asli maupun penduduk pendatang, marilah kita menjaga kebersihan kota Bandung.

Tentang protuslanx

Protus-Lanx adalah sebuah alter-ego dari seorang manusia yang terus berusaha memperbaharui diri setiap hari. Temperamental, setia melaksanakan tugas, keras kepala, berpendirian teguh, tidak mudah mempercayai orang lain, dan cenderung serius.
Pos ini dipublikasikan di Atmosfer-Lanx dan tag , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s