Kitab Mazmur 19:1-14 : Kemuliaan TUHAN dalam Pekerjaan Tangan-Nya dan dalam Taurat-Nya


Kitab Mazmur (Bahasa Ibrani Tehilim; Bahasa Arab Zabur; Bahasa Yunani Psalmoi; Bahasa Inggris Psalms) adalah bagian dari Perjanjian Lama Alkitab.

Mazmur pasal 19 adalah pasal favorit bagi Protus-Lanx. Kalimat-kalimatnya yang sangat puitis merupakan ungkapan yang terdalam bagi Tuhan Yesus Kristus atas kuasa-Nya. Sungguh indah…

(1) Untuk pemimpin biduan. Mazmur Daud. (19-2) Langit menceritakan kemuliaan Allah, dan cakrawala memberitakan pekerjaan tangan-Nya;

(2) (19-3) hari meneruskan berita itu kepada hari, dan malam menyampaikan pengetahuan itu kepada malam.

(3) (19-4) Tidak ada berita dan tidak ada kata, suara mereka tidak terdengar;

(4) (19-5) tetapi gema mereka terpencar ke seluruh dunia, dan perkataan mereka sampai ke ujung bumi. Ia memasang kemah di langit untuk matahari,

(5) (19-6) yang keluar bagaikan pengantin laki-laki yang keluar dari kamarnya, girang bagaikan pahlawan yang hendak melakukan perjalanannya.

(6) (19-7) Dari ujung langit ia terbit, dan ia beredar sampai ke ujung yang lain; tidak ada yang terlindung dari panas sinarnya.

(7) (19-8) Taurat TUHAN itu sempurna, menyegarkan jiwa; peraturan TUHAN itu teguh, memberikan hikmat kepada orang yang tak berpengalaman.

(8) (19-9) Titah TUHAN itu tepat, menyukakan hati; perintah TUHAN itu murni, membuat mata bercahaya.

(9) (19-10) Takut akan TUHAN itu suci, tetap ada untuk selamanya; hukum-hukum TUHAN itu benar, adil semuanya,

(10) (19-11) lebih indah dari pada emas, bahkan dari pada banyak emas tua; dan lebih manis dari pada madu, bahkan dari pada madu tetesan dari sarang lebah.

(11) (19-12) Lagipula hamba-Mu diperingatkan oleh semuanya itu, dan orang yang berpegang padanya mendapat upah yang besar.

(12) (19-13) Siapakah yang dapat mengetahui kesesatan? Bebaskanlah aku dari apa yang tidak kusadari.

(13) (19-14) Lindungilah hamba-Mu, juga terhadap orang yang kurang ajar; janganlah mereka menguasai aku! Maka aku menjadi tak bercela dan bebas dari pelanggaran besar.

(14) (19-15) Mudah-mudahan Engkau berkenan akan ucapan mulutku dan renungan hatiku, ya TUHAN, gunung batuku dan penebusku.

Bacalah juga:

Injil Matius 15:11-20 tentang Halal dan Haram yang Sebenarnya

Injil Matius 5:1-12 tentang Khotbah di Bukit

Tentang protuslanx

Protus-Lanx adalah sebuah alter-ego dari seorang manusia yang terus berusaha memperbaharui diri setiap hari. Temperamental, setia melaksanakan tugas, keras kepala, berpendirian teguh, tidak mudah mempercayai orang lain, dan cenderung serius.
Pos ini dipublikasikan di Atmosfer-Lanx dan tag . Tandai permalink.

3 Balasan ke Kitab Mazmur 19:1-14 : Kemuliaan TUHAN dalam Pekerjaan Tangan-Nya dan dalam Taurat-Nya

  1. Ethra lagi di jakarta berkata:

    iya nih…kalo gak salah ayat2x dalam pasal 19 lah yang membuat C. S. Lewis (chronicles of narnia) beralih dari ateis menjadi percaya Tuhan.

  2. Rawan Sigarlaki Nyapil berkata:

    ayat2 ini memang sangat puitis sekali… tapi saya belum tau maksudnya dalam kehidupan kita sehari-hari

    • protuslanx berkata:

      Kita sendiri dan orang lain bisa saja melakukan kesalahan. Namun, apa yang diajarkan oleh Tuhan sendiri tidaklah pernah salah. Artinya, ketika kita seolah ‘berada pada kebuntuan (termasuk masalah pribadi)’ kita harus mengingat bahwa ‘apa yang diajarkan oleh Tuhan’lah yang benar, bukan pendapat manusia. Misalnya, ketika uang suap dianggap hal biasa, kita harus mengingat bahwa Tuhan tidak menghendaki demikian. Jadi, kita harus berani memutuskan untuk tidak ikut-ikutan dengan kebiasaan buruk banyak orang. Sekalipun memang kita sendiri tidak sempurna. Ini sih pendapat Protuslanx, mungkin harus tanya pendeta/ pastor untuk lebih jelasnya he..he..thx.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s