Batman: Sang The Dark Knight


Batman adalah karakter superhero yang diciptakan oleh Bill Finger dan Bob Kane pada tahun 1939. Bill Finger lah yang membuat kisa tentang Batman, sementara visualisasi atau penggambarannya dibuat oleh Bob Kane. Karakter dari DC Comics ini pertama kali muncul dalam Detective Comics (edisi ke-27).

Batman memiliki beberapa aspek yang berbeda dengan para superhero buku komik lainnya, termasuk kepribadian yang sangat gelap ketika ia berhadapan dengan kejahatan.

Ada beberapa aspek dari karakter Batman yang tetap ada. Dia adalah identitas rahasia dari Bruce Wayne. Bruce Wayne dijuluki miliarder akibat inflasi. Ia mempekerjakan kepala pelayan bernama Alfred yang mengetahui identitasnya dan dan mengambil bagian dalam membesarkan si kecil Bruce pascameninggalnya ayah dan ibunya, Thomas dan Martha Wayne. Batman tidak memiliki kekuatan super, tetapi dengan bakat intelektualnya, ia membuat berbagai alat-alat praktis dan kreatif, selain itu ia memiliki kemampuan sains dan ilmu bela diri serta kekuatan fisik untuk mengalahkan musuh-musuhnya.

Selain itu banyak juga orang yang menciptakan kembali karakter Batman selama bertahun-tahun yang memiliki perbedaan-perbedaan signifikan mengenai sikap sang karakter dan juga penampilannya.

http://www.comicopolis.ning.com Representasi Dunia Kejahatan

Semua kisah-kisah asli dari Batman cenderung menyetujui bahwa karakter ini sangat terpengaruhi dengan peristiwa ketika sang Bruce Wayne kecil menyaksikan kematian orangtuanya pada umur yang masih sangat muda, 14 tahun. Dalam beberapa terjemahan pembunuh orangtuanya digambarkan sebagai perampok.

Ketika Bruce Wayne kecil berlutut di samping mayat orangtuanya, Bruce bersumpah untuk membalas dendam. Ketika polisi tiba, Bruce ditenangkan oleh Dr. Leslie Thompkins. Dr. Thompkins dan Alfred Pennyworth lah yang membantu untuk mengatur hal-hal supaya Dinas Pelayanan Sosial Kota Gotham tidak mengambilnya sebagai penghuni panti asuhan. Dengan cara inilah, baik Dr. Thompson maupun Alfred memampukan Bruce untuk mewujudkan impiannya untuk menjadi pahlawan pembasmi kejahatan.

Film Batman yang dibuat oleh Tim Burton berbeda dalam sudut pandang ini yang mengusulkan bahwa Joker lah yang membunuh orangtua Batman. Kehilangan orangtua bagi Bruce dan kejahatan yang melanda Kota Gotham dimana Bruce tinggal, membuatnya mencari jalan untuk menumpas para penjahat.

Kota Gotham sering digambarkan penuh kejahatan di hampir setiap aspek para penduduknya. Bahkan kepolisian saja tidak bisa dipercaya begitu saja karena banyak dari antara mereka mengambil bagian dalam kejahatan di Kota Gotham.

Cerita asli Batman berangkat dari titik dalam banyak terjemahan yang berbeda dari karakter Batman. Dalam versi yang pertama, ia digambarkan sebagai karakter yang tidak dapat diduga dan hampir anti-hero, dan di versi lainnya, seperti pada serial televisi pada tahun 1960-an, ia digambarkan sebagai orang yang beradab yang tinggal di sebuah kota yang tidak beradab.

Serial pada tahun 1960-an cenderung pada satu tempat saja dan mengabaikan beberapa ide untuk menghilangkan karakternya. Namun, ketertarikan pada superhero ini bangkit lagi pada tahun 1980-an dengan adanya novelis grafis yang terkenal, Frank Miller, melalui serial buku komiknya berjudul The Dark Knight Returns dan kemudian lagi pada tahun 1989 dengan film-filmnya Tim Burton.

Baik Miller dan Burton memutuskan untuk menggambarkan sang tokoh lepas dari kepatuhannya terhadap hukum dengan mengembalikannya pada sisi gelapnya yang merupakan karakter awal Batman, meskipun Burton melakukannya dengan sedikit humor.

Film Batman terbaik menurut Protuslanx adalah film Batman (1989) yang diperankan oleh Michael Keaton dengan sutradara Tim Burton. Ciri khas Tim Burton sangat terlihat dalam film ini seperti juga dalam karya-karya film lain buatannya, misalnya Edward Scissorshand.

Film Batman lain yang sukses meraih predikat sebagai film terlaris sepanjang masa adalah The Dark Knight (2008) yang diperankan Christian Bale dengan sutradara Christopher Nolan.

The Dark Knight terbukti sukses  dengan menjadi salah satu film paling laris sepanjang masa. Film arahan Christopher Nolan ini membukukan keuntungan lebih dari 1 miliar dollar di seluruh dunia, atau berada di posisi kelima di daftar film paling laris di bawah Avatar, Titanic, The Lord of the Rings: The Return of the King, dan Pirates of the Caribbean: Dead Man’s Chest.

Referensi:

http://www.wisegeek.com

http://www.superherostuff.com

Tentang protuslanx

Protus-Lanx adalah sebuah alter-ego dari seorang manusia yang terus berusaha memperbaharui diri setiap hari. Temperamental, setia melaksanakan tugas, keras kepala, berpendirian teguh, tidak mudah mempercayai orang lain, dan cenderung serius.
Pos ini dipublikasikan di Atmosfer-Lanx dan tag . Tandai permalink.

2 Balasan ke Batman: Sang The Dark Knight

  1. aji cakti berkata:

    Gotham itu mirip jakarta yah bro, dimana2 banyak kejahatan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s