UU ITE No. 11/2008: Menulislah dengan Benar, Baik dan Sopan


Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektronik No. 11 Tahun 2008 telah disahkan oleh DPR. Nah, kita berharap dengan undang-undang yang baru dibuat 2 tahun yang lalu ini mampu mengatur para netter Indonesia untuk selalu ingat etika. Walaupun kita berada di dunia maya (internet), tetap saja setiap orang haruslah sopan. Setiap tulisan yang diposting online haruslah tetap berdasarkan pada norma-norma yang ada karena etika itu lebih penting ketimbang pengetahuan.

Banyak sekali tulisan-tulisan di internet dalam format Bahasa Indonesia yang selalu menyangkut SARA! Ini berbahaya! Kecuali jika ada forum yang mengijinkan hal seperti itu dimana setiap orang setuju untuk berargumentasi mengenai hal tertentu sesuai topik yang diselenggarakan oleh forum yang ada. Tetapi, kalau tulisan-tulisan yang mendiskreditkan suku, agama, ras, dan golongan-golongan tertentu SECARA SEPIHAK, maka penulisnya (pemilik blog, situs, forum, dan lain-lain) harus mempertanggungjawabkannya di hadapan hukum. Makanya hati-hatilah memposting sesuatu di internet.

Berikut kutipan pasal dari undang-undang tersebut yang menyangkut SARA:

Pasal 28 UU ITE No. 11/2008

(1) Setiap Orang dengan sengaja dan tanpa hak menyebarkan berita bohong dan menyesatkan yang mengakibatkan kerugian konsumen dalam Transaksi Elektronik.

(2) Setiap Orang dengan sengaja dan tanpa hak menyebarkan informasi yang ditujukan untuk menimbulkan rasa kebencian atau permusuhan individu dan/atau kelompok masyarakat tertentu berdasarkan atas suku, agama, ras, dan antargolongan (SARA).

Baca tautan Undang-Undang ITE No. 11 Tahun 2008

Untuk lebih jelasnya, dapat diunduh melalui:

http://www.4shared.com/document/8TBpBQyL/undang-undang_ITE.htm

Tentang protuslanx

Protus-Lanx adalah sebuah alter-ego dari seorang manusia yang terus berusaha memperbaharui diri setiap hari. Temperamental, setia melaksanakan tugas, keras kepala, berpendirian teguh, tidak mudah mempercayai orang lain, dan cenderung serius.
Pos ini dipublikasikan di Atmosfer-Lanx dan tag . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s