Kitab Injil Lukas 6:27-36: tentang Mengasihi [Musuh]


Karakter Bruce Wayne alias Batman sang The Dark Knight bisa saja dinilai munafik terhadap Joker dan para penjahat lainnya bahkan bagi warga kota Gotham (sebagaimana Bob Kane menciptakannya). Protuslanx juga bisa saja dinilai munafik :| Tetapi, Elohim alias Yahweh alias Allah alias Yesus Kristus (dalam Bahasa Indonesia; ada 6000 versi bahasa di dunia) tetaplah karakter yang sejati.

Karena karakter yang sejati itulah maka perintah-Nya juga sejati. Sejati berarti benar. Sejati berarti tulus. Tidak ada kemunafikan di dalam-Nya. Dengan demikian, perintah-Nya inilah yang ‘mutlak benar’ dan merupakan ‘patokan ideal’. Dalam Injil Lukas (Yunani Τὸ κατὰ Λουκᾶν εὐαγγέλιον, to kata Loukan euangelion; Inggris Gospel According to Luke), sebagaimana paralel dalam kitab Injil Matius 5:38-48, termuat perintah Sang Khalik ini.

Menurut Protuslanx, bagi siapapun yang berprinsip ‘mata ganti mata’ dan ‘gigi ganti gigi’ haruslah sadar. Kemunafikan itu sia-sia saja. Tentu saja Protuslanx juga tidak sempurna. Karena introspeksilah, maka Protuslanx mengajukan persuasi ini.

Dengan meminjam frase ‘otonomitas manusia’-nya P. Y. Nur Indro (dosen Unpar), Protuslanx berpendapat bahwa sebagai manusia kita memiliki pilihan dalam hidup ini. Kita bisa keluar dari konstelasi “seperti katak di bawah tempurung”.

Kok bisa? Karena kita memiliki kemampuan untuk lebih bijak, lebih berpikiran luas dan terbuka, dan lebih beradab (yang membedakan kita dari binatang yang hanya mengikuti instingnya) yang berdasarkan pada otonomitas kemanusiaan kita itu tadi demi untuk mencapai kebenaran yang sejati.

Protuslanx berharap semoga ‘otak’ dan ‘hati nurani’ kita (dan siapapun yang berkarakter “banteng bereaksi terhadap warna merah” di luar sana) selalu gunakan dengan bijak dan lebih menyalurkan ‘otot’ untuk sportivitas alias olahraga saja.

Munafik di negeri Indonesia Raya? Bukan di sini tempatnya! Bukan juga di planet Bumi ini! You may say I’m a dreamer

Berikut petikan ayat-ayat dalam kitab Injil Lukas 6:27-36:

(27) Tetapi kepada kamu, yang mendengarkan Aku, Aku berkata: Kasihilah musuhmu, berbuatlah baik kepada orang yang membenci kamu;

(28) mintalah berkat bagi orang yang mengutuk kamu; berdoalah bagi orang yang mencaci kamu.

(29) Barangsiapa menampar pipimu yang satu, berikanlah juga kepadanya pipimu yang lain, dan barangsiapa yang mengambil jubahmu, biarkan juga ia mengambil bajumu.

(30) Berilah kepada setiap orang yang meminta kepadamu; dan janganlah meminta kembali kepada orang yang mengambil kepunyaanmu.

(31) Dan sebagaimana kamu kehendaki supaya orang perbuat kepadamu, perbuatlah juga demikian kepada mereka.

(32) Dan jikalau kamu mengasihi orang yang mengasihi kamu, apakah jasamu? Karena orang-orang berdosapun mengasihi juga orang-orang yang mengasihi mereka.

(33) Sebab jikalau kamu berbuat baik kepada orang yang berbuat baik kepada kamu, apakah jasamu? Orang-orang berdosapun berbuat demikian.

(34) Dan jikalau kamu meminjamkan sesuatu kepada orang, karena kamu berharap akan menerima sesuatu dari padanya, apakah jasamu? Orang-orang berdosapun meminjamkan kepada orang-orang berdosa, supaya mereka menerima kembali sama banyak.

(35) Tetapi kamu, kasihilah musuhmu dan berbuatlah baik kepada mereka dan pinjamkan dengan tidak mengharapkan balasan, maka upahmu akan besar dan kamu akan menjadi anak-anak Allah Yang Mahatinggi, sebab Ia baik terhadap orang-orang yang tidak tahu berterima kasih dan terhadap orang-orang jahat.

(36) Hendaklah kamu murah hati, sama seperti Bapamu adalah murah hati.”

About these ads

Tentang protuslanx

Protus-Lanx adalah sebuah alter-ego dari seorang manusia yang terus berusaha memperbaharui diri setiap hari. Temperamental, setia melaksanakan tugas, keras kepala, berpendirian teguh, tidak mudah mempercayai orang lain, dan cenderung serius.
Tulisan ini dipublikasikan di Atmosfer-Lanx dan tag , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s