Tips : Membeli Speaker Aktif Kanal 2.1 yang Bagus


Mau beli speaker aktif buat komputer? Berikut adalah tips Protuslanx supaya tidak salah beli.

1. Budget.

Pastikan budget disesuaikan dengan harga speaker di pasaran (tentu saja!)

2. Toko.

Belilah di tempat-tempat atau toko-toko khusus komputer atau toko-toko khusus speaker. Ini untuk menjamin bahwa barang yang dibeli adalah barang yang asli dan bukan barang gelap (bahaya kan kalau beli dari tangan penadah?!…)

3. Merk “upper class”.

Beberapa merk speaker yang bagus adalah Altec Lansing, Creative, Edifier, dan Logitech. Merk-merk demikian biasanya hanya sedikit “bermain” di level speaker 2.1 kelas bawah dengan harga di atas Rp 300.000,00. Disain dan suara yang dihasilkan merk-merk tersebut umumnya berkualitas baik.

4. Merk “lower class”.

Untuk speaker 2.1 yang murah dan cukup bagus bisa dengan membeli merk Simbadda, Genius, dan Bufftech. Mungkin masih ada lagi merk-merk lain yang mungkin Protuslanx tidak bisa cantumkan semua di sini. Speaker-speaker demikian dapat dibeli dengan kisaran Rp 100.000,00 – Rp 500.000,00 untuk kelas bawah tapi dengan output suara yang cukup baik. Tambahan lagi untuk yang suka menyetel keras-keras, merk-merk ini mungkin cocok.

5. Bentuk subwooofer menentukan!

Speaker tipe 2.1 adalah speaker dengan kelengkapan 2 satellite (output) dan 1 subwoofer. Nah, supaya kualitas bass dan treble bisa baik, pilihlah bentuk subwoofer yang berbentuk kotak atau kubus. Kenapa demikian? Karena hal itu berkaitan dengan resonansi suara. Kalau untuk disain satellite tidak ada hubungannya dengan kualitas suara. Jadi, bentuk satellite tidak berpengaruh terhadap kualitas output suara.

6. Bahan subwoofer menentukan.

Pilihlah speaker dengan subwoofer yang terbuat dari kayu atau serbuk gergaji. Speaker dengan bahan ini lebih mampu menyerap dan mengeluarkan suara dengan baik tanpa efek mendengung. Bahan subwoofer yang terbuat dari plastik kurang baik karena bisa menyebabkan output suara menjadi berdengung.

7. Bahan adaptor menentukan.

Bahan adaptor speaker yang baik harusnya terbuat dari bahan seperti besi (walaupun terasa berat). Mengapa demikian? Karena bahan yang baik menentukan apakah produk itu berkualitas atau tidak. Bahan yang terbuat dari plastik cenderung kurang baik, karena bisa saja perusahaan pembuat produk tersebut memangkas biaya produksi tanpa memperhatikan kualitas produk yang dihasilkan.

8. Penutup dari bahan busa.

Subwoofer dan satellite yang bagus seharusnya ditutupi dengan busa. Ini lebih baik ketimbang speaker yang tidak ditutupi dengan busa sama sekali. Busa ini berguna untuk menyaring suara output menjadi lebih fokus pada satu kanal output suara sehingga bass dan treble menjadi lebih enak didengar. Prinsip busa ini juga signifikan kalau digunakan pada earphone.

Yap!…semoga berguna.

Tentang protuslanx

Protus-Lanx adalah sebuah alter-ego dari seorang manusia yang terus berusaha memperbaharui diri setiap hari. Temperamental, setia melaksanakan tugas, keras kepala, berpendirian teguh, tidak mudah mempercayai orang lain, dan cenderung serius.
Tulisan ini dipublikasikan di Atmosfer-Lanx dan tag . Tandai permalink.

31 Balasan ke Tips : Membeli Speaker Aktif Kanal 2.1 yang Bagus

  1. jegger istadi berkata:

    tank,s atas masukan nya

  2. Anonymous berkata:

    makasih penjelasannya bos,kebenran lagi mau beli speaker tapi pusing milihnya…

  3. Abitya Pratama berkata:

    kalau saran tipe yang cocok dengan harga kisaran 300rb, apa ya? Bisa bantu kasih masukan kah?

  4. Masgim berkata:

    mas kalau speaker yg suara bas nya bulat penuh nd treblenya tajam merek apa ya….? btw yg dimaksud soundcard itu apa ya, maklum ane gaktep hehe…..makasih sebelumnya

    • protuslanx berkata:

      Kalau pakai speaker aktif suara bass dan treble semua tergantung dari equalizer, apalagi kalau digunakan untuk komputer lebih mudah diatur dari program media player. Untuk merk speaker bisa dilihat di jawaban komentar yg lain. Soundcard adalah “kartu suara” berupa papan IC (integrated circuit) sebagai penghubung antara komputer dengan speaker untuk menghasilkan suara yang berkualitas. Alat ini juga bisa menjadi penggganti transformator/ trafo untuk speaker biasa (rakitan). Namun, karena kebanyakan speaker keluaran sekarang semakin canggih karena ada tambahan subwoofer (perangkat khusus bass atau suara frekuensi rendah), pengaturan treble dan bass yang terintegrasi, bahkan diklaim mendukung teknologi digital (seperti Dolby Digital, Surround Sound), maka fungsi soundcard kurang signifikan untuk meningkatkan suara dari speaker, kecuali hanya sebagai alat penghubung tadi karena tanpa soundcard maka speaker mau dicolok dimana? Do semoga membantu.

  5. Masgim berkata:

    mas kalau speaker yg suara bas nya bulat penuh nd treblenya tajam merek apa ya….? btw yg dimaksud soundcard itu apa ya, maklum ane gaktek hehe…..makasih sebelumnya

  6. sodiqjava berkata:

    bagus…buat masukan

  7. handy berkata:

    kalau speaker altec lansing vs2621 dengan edifier p3060 anda lebih recommend yg mna?apa kelebihan dari masing2 produk?

  8. nur berkata:

    maaf mau tanya kalo speaker aktif merk tanaka,gmn kualitas suaranya?mohon jawaban dari teman teman

  9. yayan berkata:

    pokoknya kalao diruangan kamar beuhhhhhh puasss aplagi yang type SA521 digital tinggal colok dengarkan suar bas nya mantaaaaaaap sampe sesek ke dada..

  10. Hendra Philly berkata:

    altec lansing vs2621 bisa dipake di LCD gak? klo pun bisa suara bisa kuat jg gak? ato bs bikin jebol/pecah speaker nya gak? terima kasih buat jawabannya..

  11. theodore berkata:

    kalo logitech z103 gimana? itu emang harganya 100rbuan doang yah? soalnya mau ganti speaker lama, gatau kenapa suaranya rada pecah” ada yang tau kenapa? thx . yang lama itu simbada cst 5000

    • protuslanx berkata:

      setting volume speaker di systray (sebelah kanan bawah taskbar samping jam) tidak lebih dari 70. atur equalizer dan setting software player (WM 12, jetAudio, dll) yang digunakan misalnya pilih rock, pop, atau atur slider nya sesuai selera. thx.

      • shakti berkata:

        hadooh bos, bukan itu masalahnya, speaker-speaker pecah itu dikarenakan pada saat awal dihidupkan pertama kali, tidak di burn in!!
        burn in adalah penyetelan speaker pertama kali untuk mengeluarkan suara, nah kondisi menghidupkan pertama kali itulah yang akan menjadi standart frekuensi si speaker.
        jadi saran saya kalo beli speaker, tanya! “udah di burn-in belum speaker ini?”
        kalo dia mengerti audio, dia pasti bisa menjawab.
        kalo dia gak ngerti apa itu burn in, cari speaker yang benar-benar masih di segel, lalu anda burn-in sendiri, caranya : nyalakan speaker dan stel musik yang karakter bass nya kuat, yang karakter trebel nya kuat. lalu biarkan speaker tersebut memainkan lagu tersebut kira-kira 6-8 jam, dengan volume 1/3 sampai 1/2.
        anda akan rasakan, kualitas suara nya akan menyatu dan kondisi speaker tidak akan cepat pecah

        penyebab lain speaker mudah pecah adalah seringnya letupan-letupan pada speaker yang diakibatkan karena listrik tidak stabil, matiin speaker langsung dengan menarik jack listriknya.

        jadi, bukan masalah software nya bos, mau pake jet audio,winamp ,dll. itu sekedar software hahahahaha

      • protuslanx berkata:

        Thx masukannya. keep simple. just to help common people :)

  12. Zulfikar Kawe berkata:

    mas, kalo budget nya 600rb an, mau beli speaker dg bass muantap bagusnya merk apa? gmn klo Simbadda CST 9200N?? thanks…

  13. shakti berkata:

    boss, hanya segini tips nya? boleh saya tambahkan?

    maaf, menurut saya kalo melihat subwoofer, pilih yang sabwoofernya melebar dan tidak terlalu tinggi, bentuknya kotak agar resonansi nya baik. itu untuk speaker yang formasi nya 2.1 atau 4.1
    tapi jauh lebih nyaman jika menggunakan bookshelf, bookshelf adalah speaker yang subwoofer nya ditanam berdekatan dengan satelit nya, dan tiap satelit memiliki subwoofer sendiri. suara akan lebih menyatu.
    1 lagi, ini yang paling penting! pilih speaker yang total Watt RMS nya tinggi, lebih tinggi lebih baik, mau gimana pun bentuk subwoofer dan satelit dan warna nya, kalo RMS nya kecil, anda hanya akan kecewa. RMS yang baik untuk ruangan 3 x 3 m adalah diatas 48 watt, makin tinggi makin berguncang suaranya..

    boss….
    menurut saya simbadda mungkin masih satu kelas dengan edifier, creative dan logitech.
    bos tau kan edifier simbadda dll itu sekarang buatan cina, khusus untuk edifier adalah brand asli buatan china.
    kalo upper class, menurut saya juaranya adalah sennheiser (germany) dan mungkin boss belum mengenal merek merek premium seperti harman/kardon,yamaha, fishcer, thonet & vander, John B Lansing (JBL), Hiviman, Shure, Japan Virtuality Coorp (JVC), bang &olufsen, AKG, Sony, aiwa, Behringer, Bose, kenwood, hyundai dll. kalo agan mau berbicara merek-merek upper class, mereka lah pemain nya!! merek-merek diatas mungkin tidak pernah terdengar, di toko-toko komputer pun bakal sulit mencari nya, tapi..
    kalo kita coba masuk ke dalam toko audio system, dan anda menyebut merek logit*ch atau Alt*c Lans*ng, pasti anda akan di tertawakan. cobalah lebih mengenal dunia audio lebih dulu gan. *maaf sekedar saran

  14. abid berkata:

    Ada nih, namanya SONATEC.
    Suara BESAR, Bobot n Harga RINGAN.
    ga’ percaya?? kunjungi http://www.SpeakerSonatec.com

  15. Anonymous berkata:

    Thanx infonya Gan… !

  16. Anonymous berkata:

    Kalo simbadda, logitech ma genius dg “klas” yg sma scra umum bgusan mn? Mksh.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s